Dr. Fakhrudin Faiz: Setiap Pelajar adalah Wadah Ilmu

Sleman, Pandanaran.org

“Apakah teman-teman sekalian siap untuk diinternalisasi dengan nilai-nilai tasawuf ?”

Demikian ungkap Dr. Fahruddin Faiz pada acara kuliah umum bertajuk “Internalisasi Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Membentuk Intelektual yang Berintegritas di Era Milenial” di Hall STAI Sunan Pandanaran, Ahad (6/10) pagi.

Kepada sedikitnya tiga ratusan mahasiswa STAI Sunan Pandanaran (STAISPA), pakar filsafat UIN Sunan Kalijaga ini mengatakan bahwa setiap pelajar, mahasiswa, atau santri adalah wadah ilmu. Jika wadah itu tidak bersih maka hasil dari ilmu itu pun juga tidak jernih.

Untuk itu, lanjut dia, seperti dikatakan Imam Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah ada sedikitnya tiga hal utama agar ilmu itu bermanfaat.

“Pertama, niat. Niat merupakan kunci dari segala bentuk pengamalan atau kegiatan. Jika niat sudah tertata, naik pada tahap selanjutnya yakni tahap orientasi. Tahap orientasi ini berkaitan dengan jasmaniyah, ruhaniyah, dan Ilahiyah”, tegasnya.

Ketiga tahap itu, kata Faiz, akan mengantarkan manusia pada tingkat ke mana sesungguhnya kita akan menghadap. Atau, kalau dalam istilah, Agama menyebutnya sebagai esensi dari kalimat innalillahi wa inna ilaihi raji’un.

Lebih jauh, narasumber tetap kajian filsafat mingguan di Masjid Jenderal Sudirman ini menegaskan bilamana manifestasi dari terinternalisasinya nilai-nilai tasawuf dalam diri seseorang itu dapat dilihat dari dua hal.

“Raut wajah yang murah senyum dan menggembirakan adalah puncak dari manifestasi terinternalisasinya nilai-nilai tasawuf dalam diri seseorang. Selain itu, sikap ridho atas segala ketetapan Allah dan selalu menjadikan Allah SWT sebagai pertimbangan atas apapun yang akan dilakukan, juga merupakan indikator lain yang tidak kalah penting”, tandasnya.

Acara ini dimeriahkan oleh kolaborasi antara penari sufi dengan hadrah STAISPA dan Sanggar Tari Dewi Sartika. Berlaku sebagai moderator Dr. Rima Ronika, dan Tajul Muluk (Dosen Ilmu Tasawuf STAISPA) sebagai panel narasumber.

[Lidya/An]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *