Tetap Selenggarakan Sholat Ied dengan Protokol Kesehatan

24 Mei 2020. Masjid Ponpes Sunan Pandanaran melaksanakan sholat Idul Fitri dengan menggunakan protokoler Covid-19. Ada dua Masjid Ponpes Sunan Pandanaran yang digunakan untuk masyarakat umum, yakni masjid komplek 1 Ponpes Sunan Pandanaran, dan masjid Ar-Rahmah Komplek 3 Ponpes Sunan Pandanaran.

Protokoler tersebut meliputi, mencuci tangan dengan handsanitizer sebelum masuk masjid, penggunaan masker, jarak shaf shalat yang diberi tenggang 1 meter, dan membawa peralatan ibadah masing-masing, semisal sajadah, mukena, dan lain sebagainya. Musafahah yang biasa dilakukan setelah sholat ied pun tidak diselenggarakan terlebih dahulu dan diganti dengan ikrar syawalan yang berisikan permintaan maaf kepada sesama.

Para santri yang masih menetap di pondok juga turut serta dalam menunaikan sholat Ied tersebut. Santri putra melaksanakannya di kedua masjid tersebut, sedangkan untuk santri putri di Aula Komplek III putri Ponpes Sunan Pandanaran.

Adapun untuk khatibnya, masjid Komplek 1 Ponpes Sunan Pandanaran disampaikan oleh KH. Dr. Imaduddin Sukamto. Khatib masjid Ar-Rahmah komplek 3 Ponpes Sunan Pandanaran disampaikan oleh KH. Hasan Karyono. Sedangkan khutbah sholat idul fitri di aula putri disampaikan oleh Mas Jauhari, putra KH. Mu’tashim Billah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *